Sholawat

BISMILLAH. ……….
Allah dan Para Malaikat Saja Bersholawat Kepada Nabi, Kenapa Kita Tidak?
Nabi Muhammad SAW adalah satu-satunya nabi yang membawa risalah untuk seluruh umat manusia di dunia ini tanpa terkecuali. Beliau adalah kekasih Allah dan juga nabi kita semua. Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwasannya Allah dan para malaikat-malaikat-Nya bersholawat kepada nabi,
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. 

Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (Q.S. Al-Ahzab : 56)
Sholawat dari Allah berarti memberi rahmat, sedangkan dari malaikat berarti memintakan ampunan dan kalau dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat seperti dengan perkataan Allahuma sholli ‘alaa Muhammad.
 Karena keutamaan

 bersholawat sangatlah besar, di antaranya :
Dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat ialah orang yang paling banyak membaca sholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban)
Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza Wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).
Rasulullah SAW bersabda, “Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR. Thabrani).
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).
Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Pada sahabat bertanya. “Ya Rasulullah, pagi ini engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu.” Beliau bersabda, “Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Maha Agung. Dia berkata, ‘Barangsiapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikan sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula.’” (HR. Ahmad).
Jadi tunggu apa lagi saudaraku, mari kita memperbanyak shalawat kepada Rasulullah SAW, terutama pada hari Jum’at. Karena bershalawat kepada nabi itu juga menandakan cinta kita kepadanya.
 Semakin banyak kita bershalawat, maka semakin cinta kita kepadanya. Semoga kita mendapat syafaat beliau di Hari Kiamat kelak, AAMIIN YRA 
WALLAAHU A’LAM BISH SHAWWAB.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s