Jika Tidak Mampu Menjadi Bulan, Jadilah Matahari

Suatu hari Abu Sulaiman Ad-Darany berkata pada muridnya bernama Ahmad bin Abi Al-Hawary, “Wahai Ahmad… jadilah kamu bintang, jika tak mampu menjadi bintang, maka jadilah kamu bulan, dan jika tak mampu menjadi bulan, maka jadilah kamu matahari.”
Kemudian Ahmad berkata, “Wahai Abu Sulaiman, sesungguhnya bulan lebih terang daripada bintang dan matahari lebih terang daripada bulan, mengapa anda membalik urutannya?!
Abu Sulaiman menjawab, “Wahai Ahmad, yang aku maksud adalah jadilah kamu seperti bintang yang muncul di awal malam dan tenggelam di waktu fajar, maka bangunlah untuk beribadah kepada Rabbmu sejak awal malam hingga akhir malam. Jikalau kamu tidak mampu shalat malam setiap hari, maka jadilah kamu laksana bulan, yang terbit pada sebagian malam, kemudian lenyap, maka bangunlah pada sebagian malam untuk beribadah kepada Rabbmu. Jika kamu tidak mampu juga untuk shalat malam, maka jadilah kamu laksana matahari, terbit sejak awal siang hingga tenggelam matahari, jika kamu tidak kuasa untuk shalat malam, maka jangan sekali-kali kamu bermaksiat kepada Allah di siang harinya.”

Wallahu ‘alam bisshowab..
Kiriman : Faizah Syaifudin Azis, UIN Malang Jatim

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s